Contoh RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) Mata Pelajaran Kebhinekaan Kelas 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah: Madrasah Ibtidaiyah Xxxx

Mata Pelajaran: Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn)

Kelas / Semester: III / II

Alokasi Waktu: 2 x 35 menit (1 kali pertemuan)

  1. STANDAR KOMPETENSI
  2. Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia.
  1. KOMPETENSI DASAR

4.1 Mengenal kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, dan keramahtamahan.

  1. INDIKATOR

4.1.1 Menyebutkan keanekaragaman budaya bangsa Indoensia.

4.1.2 Mampu menyebutkan kekayaan alam yang berupa flora dan fauna.

4.1.3 Mampu menunjukan contoh kekhasan bangsa Indonesia.

  1. TUJUAN

Melalui kegiatan elaborasi, eksplorasi, dan konfirmasi, maka:

  1. Siswa mampu menyebutkan keanekaragaman budaya bangsa Indoensia.
  2. Siswa mampu menyebutkan kekayaan alam yang berupa flora dan fauna.
  3. Siswa mampu menunjukan contoh kekhasan bangsa Indonesia.
  1. KARAKTER YANG DIHARAPKAN
  2. Disiplin
  3. Rasa Hormat
  4. Perhatian
  5. Tekun
  6. Jujur
  1. MATERI

–          Kebhinekaan (Terlampir).

  1. LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan 1: (2 X 35 menit)

Alokasi Langkah  Pembelajaran Metode Bahan
15’ Kegiatan Awal:

1.      Salam, do’a dan absen.

2.      Guru menyampaikan kompetensi, dan indikator yang akan dicapai, dan materi yang akan dipelajari.

Absensi dan RPP
45’ Kegiatan Inti:

1.      Apresiasi:

a.       Guru menanyakan dan menghubungkan materi pelajaran kemarin dengan materi  pelajaran yang akan dipelajari hari ini.

b.      Guru dan siswa menyanyikan lagu bersama.

2.      Eksplorasi:

a.       Guru menghubungkan lagu jari-jariku dengan materi.

b.      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok secara heterogen yang berisi 4 – 7 siswa.

c.       Guru memberikan lembar kerja kepada siswa yang berupa menyortir gambar yang termasuk kekhasan negara Indonesia.

d.      Siswa mengerjakan lembar kerja siswa secara berkelompok.

e.       Guru melakukan presentasi dengan menjelaskan materi dengan menjelaskan materi dengan menggunakan media gambar.

f.       Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang Kebhinekaan Indonesia, yaitu keanekaragaman budaya dan kekayaan alam Indonesia.

g.      Selama presentasi, guru melibatkan siswa secara aktif dengan kegiatan bertanya jawab.

3.       Elaborasi

a.       Setelah selesai, guru memberikan lembar kerja siswa (LKS). Kemudian setiap kelompok berdiskusi mengenai manfaat dari Keanekaragaman dan Kekayaan Indonesia.

b.      Setiap siswa mengerjakan lembar kerja secara berkelompok.

c.       Siswa menyimpulkan hasil diskusinya.

d.      Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.

e.       Siswa menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas secara berkelompok.

4.      Konfirmasi:

a.         Penguatan dari Guru tentang materi Keanekaragaman budaya ddan kekayaan alam Indonesia.

b.        Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalah pemahaman, meberikan dan penyimpulan.

Media Pembelajaran, Buku Modul, Lembar Kerja Siswa
10’ Kegitan Penutup:

1.      Berdoa Bersama dan mengenalkan pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Buku Modul dan Lembar Kerja Siswa
  1. PENILAIAN
No. KD Indikator Teknik Penilaian Bentuk Penilaian Instrumen Penilaian
1. 4.1 4.1.1 Tes Tes Tulis Tes Obyektif
2. 4.1.2 Tes Tes Tulis Tes Obyektif
3. 4.1.3 Tes Tes Tulis Tes Obyektif
  • Kisi MEDIA // ALAT, BAHAN, dan SUMBER BELAJAR

Alat Peraga:

  1. Gambar tentang keanekaragaman budaya dan kekayaan alam Indonesia.

Sumber:

  1. Buku Paket Pendidikan Kewarganegaraan kelas 3.
  2. Buku pendamping yang relevan, dan lain sebagainya.

Metode:

  1. Diskusi kelompok
  2. Learning by doing
  3. Presentasi
  4. Ceramah

     Mengetahui,                                                                 Surabaya, 19 April 2017

         Kepala Sekolah MI Darunnajjah                                Guru Kelas

            (Nama Kepala Sekolah)                                      (XXXXXXXXXXXXXXXXXX)

            NIP.                                                                        NIP.

 

Lampiran Format Penilaian

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen Soal
4.1.1Menyebutkan keanekaragaman budaya bangsa Indoensia.

4.1.2    Mampu menyebutkan kekayaan alam yang berupa flora dan fauna.

4.1.3 Mampu menunjukan contoh kekhasan bangsa Indonesia.

Tes Tulis Uraian 1.      Sebutkan 5 contoh keragaman budaya Indonesia?

2.      Sebutkan 4 kekayaan alam Indonesia yang berupa Flora?

3.      Sebutkan 4 kekayaan alam Indonesia yang berupa Fauna?

4.      Sebutkan 4 permainan tradisional Indonesia yang pernah kamu mainkan?

5.      Sebutkan 3 tari daerah yang kamu ketahui beserta asalnya?

Kunci Jawaban Instrumen Soal

  1. a. Tarian-tarian tradisional
  2. upacara ngaben
  3. permainan-permainan tradisional
  4. candi borobudur
  5. Tahlilan
  1. Bunga sedap malam, Pohon Jati, Bunga melati, Pohon durian.
  1. Harimau sumatra, badak jawa, bunga cendrawasih, jalak bali.
  1. Congklak, engkle, lompat tali, kelereng
  1. Remo dari Jawa timur, Kecak dari bali, tari saman dari Aceh

PEDOMAN PENILAIAN

Keterangan :

ü   Nilai 2 apabila dalam menjawab soal benar.

ü   Nilai 1 apabila dalam menjawab soal kurang sesuai atau ada

sebagaian yang salah.

ü   Nilai 0 apabila dalam menjawab soal salah.

Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 100

    

SIKAP

No. Nama Siswa Aspek Yang Dinilai
Disiplin Tekun Rasa Ingin Tahu Tanggung Kerja Sama Percaya Diri

LEMBAR PENILAIAN

No Nama Siswa Nilai Keseluruhan
Sikap Kognitif

 

CATATAN :

Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                             

         

Mengetahui,                                                                      Surabaya, 19 April 2017

Kepala Sekolah MI Darunnajjah                                    Guru Kelas

(Nama Kepala Sekolah)                                            (XXXXXXXXXXXXXXXXXX)

            NIP.                                                                        NIP.

 

  1. Lembar Kerja Siswa 1

Pengantar:

Pada lembar kerja ini siswa diharapkan mampu mencari  informasi penting dari keanekaragaman dan kekayaan bangsa Indonesia.

Tujuan:

Peserta didik diharapkan bisa memiliki pengetahuan kognitif sehingga mampu menemukan informasi penting pada suatu cerita dengan baik dan benar.

Bahan dan Alat:

  1. Buku Paket Pendidikan Kewarganegaraan kelas 3 SD / MI.
  2. Buku lain yang relevan.
  3. Lembar tugas (terlampir).

Diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini bersama kelompokmu.

  1. Sebutkan 5 contoh keragaman budaya Indonesia?
  1. Sebutkan 4 kekayaan alam Indonesia yang berupa Flora?
  1. Sebutkan 4 kekayaan alam Indonesia yang berupa Fauna?
  1. Sebutkan 4 permainan tradisional Indonesia yang pernah kamu mainkan?
  1. Sebutkan 3 tari daerah yang kamu ketahui beserta asalnya?

Tinggalkan komentar