Mengenal Sekolah Bawah Tanah MI Masjid Al-Akbar Surabaya

Apa yang terbesit pada pikiran kalian ketika mendengar kata “Sekolah Bawah Tanah”? pasti akan menjadi suatu hal yang menarik bukan, apalagi mengingat Sekolah Bawah Tanah sangat amat jarang ditemukan di Indonesia, bahkan tidak ada.

Eeeiiiittss… tapi bentar dulu, di Surabaya ternyata ada Sekolah unik yang letaknya di bawah tanah (underground) yaitu Madrasah Ibtidaiyah Masjid Agung Al-Akbar Surabaya. MI Masjid Agung Al-Akbar Surabaya ini adalah sekolah muslim di Surabaya yang berlokasi di Jl. Gayungan tepat dibawah Masjid Agung Al-Akbar Surabaya. Lokasi MI Al-Akbar Surabaya ini memang secara kasat mata memang tak terlihat di Masjid Agung karena letaknya yang berada di bawah tanah, untuk menuju MI ini maka kamu harus berjalan menuju bagian samping kiri Masjid, tidak jauh dari parkiran motor Masjid, yaitu tepat di sebelah tempat wudhu perempuan, maka akan terlihat tangga di sebelah kirinya, dengan berjalan menuruni tangga tersebut.

Sekolah ini memang sekolah yang dibilang masih baru di Surabaya, baru beroperasi 2 tahun belakangan ini, terlihat pada siswa-siswa MI yang masing-masing masih duduk di Kelas 1-2 MI saja. Namun, walaupun sekolah ini maasih baru, tetapi jumlah siswa yang bersekolah disini cukup banyak, bagaimana tidak? Hal ini terlihat dari jumlah rombongan belajar siswa, yang pada tiap-tiap tingkatan kelasnya memiliki 3 rombongan belajar. Guru-guru di MI ini pun terlihat masih banyak yang muda-muda karena sekolah ini adalah sekolah baru.

            Ketika saya mengunjungi sekolah ini untuk sebuah tugas mata kuliah saya, saya melihat bahwa sekolah ini memiliki sistem yang bagus terlihat ketika saya pertama masuk kesana, saya langsung bertemu dengan seorang ibu paruh baya yang menyambut saya dan menanyakan keperluan saya di MI tersebut. Setelah itu, beliau mengantar saya menuju ruang kepala madrasah.

            MI ini luasnya tidak terlalu besar, mungkin karena sekolah ini adalah sekolah yang masih baru, saya melihat beberapa jumlah ruang kelas dan satu ruang kantor yaitu ruang kepala sekolah yang telah menyatu dengan ruang guru. Namun, sekolah ini sangat bersih sekali serta nyaman sekali. Saya yakin anak-anak yang bersekolah disana akan merasa nyaman karena tempatnya yang bersih dan sejuk. Ketika saya masuk kedalam ruang kepala sekolahnya, ruangan tersebut sangat bersih dan nyaman sekali. Tak hanya itu, ketika saya mulai memasuki ruangan kelas para siswanya, terlihat kelas tersebut amatlah bagus dan bersih, semuanya terlihat rapi dan terorganisasi. Ruangan kelasnya penuh dengan karya siswa, kelasnya juga full colour,namun tetap rapi. Bangku kelasnya pun tertata secara rapi dan berkelompok sehingga terlihat bahwa sekolah ini senang melakukan metode kooperatif dalam setiap pembelajarannya.   Ketika saya masuk kedalam ruangan kelas, saya diharuskan untuk mencopot sepatu dan meletakkannya diloker, jadi didalam kelasnnya tidak boleh memakai sepatu, inilah yang juga menyebabkan kelas tetap terlihat bersih. Kelasnya juga difasilitasi dengan pendingin yang semakin membuat suasana kelas begitu nyaman. Kelasnya tertutup, jadi kelasnya sangat tenang, tidak terdengar suara-suara dari kelas lain ataupun dari luar ruangan, hal ini membuat setiap siswa mudah terfokus pada kegiatan belajar. 

            Didalam pembelajarannya, saya melihat ibu guru di MI tersebut tidak hanya menerapkan Bahasa Indonesia, namun juga menggunakan dua bahasa asing lainnya, yaitu Bahasa Inggris dan juga Bahasa Arab, menerapkan sistem bilingualisme dalam proses belajar mengajarnya.

Tinggalkan komentar